Cara Membersihkan Lensa Kamera Smartphone

Cara Membersihkan Lensa Kamera Smartphone – Lensa kamera smartphone yang buram tentu akan membuat Anda tidak nyaman, apalagi jika Anda kerap menggunakan kamera smartphone tersebut. Walaupun smartphone Anda memiliki kamera dengan kualitas bagus, tetapi jika lensanya buram, maka hasil potret ataupun rekaman video pun akan menjadi kurang bagus. Biasanya nanti hasil foto atau gambar yang Anda ambil pun akan menjadi terlihat berkabut, sehingga menjadi buram kala dilihat. Anda pun tak bisa menggunakannya, karena hasilnya kurang maksimal, apalagi jika foto tersebut untuk Anda upload di sebuah website. Di jaman sekarang ini, kamera dalam sebuah ponsel memegang peranan penting. Jangan sampai masalah ini terus menghantui Anda. Mari baca selengkapnya.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Smartphone

Faktor penyebab kamera smartphone buram

Berikut penyebab pertamanya, yakni karena baret. Di sini yang dimaksud dengan baret yakni baret halus, jadi tak terlihat. Yang menjadi faktor penyebab baret halus pada kamera smartphone yakni gesekan dari lensa luar dengan debu kecil. Misalnya saja Anda sering meletakkan smartphone sembarangan, maka hal ini dapat terjadi. Karena itu Anda harus menghilangkan kebiasaan tersebut. Sebab permukaan yang tak bersih serta tak halus bisa menyebabkan lensa luar dari smartphone Anda menjadi rusak, ada baret.

Solusinya: Jika lensa kamera smartphone Anda sudah terlanjur ada baret kecil, jangan buru-buru menjual smartphone Anda. Karena, Anda dapat mengatasinya menggunakan cara berikut ini. Untuk menghilangkan baret kecil tersebut, Anda dapat mencoba mengolesi kamera ponsel Anda menggunakan odol. Mengapa odol? Itu karena pada odol terdapat kandungan yang bisa berfungsi untuk mengikis baret pada lensa ponsel Anda. Tetapi Anda jangan mengolesinya kebanyakan, sebab jika odol yang Anda gunakan semakin banyak, maka bisa menjadikan ketebalan dari lensa menjadi berkurang, karena terkikis oleh odol tersebut. Gunakan odol non gel, contohnya Pepsodent.

Dan inilah penyebab kamera buram yang kedua, yakni kamera terkena debu. Memang debu ini ada di mana-mana, walaupun kamar Anda terlihat bersih, tetap kemungkinan ada debu walaupun sedikit dibandingkan kamar atau ruangan yang tidak pernah dibersihkan. Debu ini dapat menempel lensa kamera ponsel Anda. Apalagi jika Anda sering menaruh smartphone Anda pada kasur yang jarang dibersihkan, yang banyak debunya, maka resiko lensa kamera tertempel oleh debu pun akan semakin tinggi. Tetapi jangan khawatir, karena Anda dapat mengatasinya menggunakan solusi di bawah ini.

Solusinya: Untuk masalah kamera yang terkena debu, maka Anda dapat memakai minyak kayu putih. Di sini Anda bebas hendak menggunakan minyak kayu putih dari merek yang manapun. Yang paling penting jangan salah memilih, contohnya jangan salah memilih minyak telon karena hasilnya akan berbeda, bisa-bisa lensa kamera Anda rusak karenanya. Tuangkanlah minyak kayu putih tersebut di selembar tissue bukan kapas, kemudian pakai bagian tisue yang basah tersebut, basah oleh minyak kayu putih, pada bagian lensa kamera smartphone Anda yang ada debu menempelnya. Sebab minyak kayu putih ini dapat membantu mengangkat debu membandel yang menempel tersebut.

Kesimpulan

Cara mengatasi ini memang cara tradisional tetapi terbukti ampuh. Yang penting Anda harus ekstra hati-hati ketika merawatnya. Memang lebih baik apabila Anda mencegah kamera smartphone menjadi kotor. Dibandingkan mengatasinya. Karena bagaimanapun lebih baik lensa kamera tersebut tidak diapa-apakan, jadi masih bawaan belum diberi penanganan apapun. Namun berbeda jika sudah terjadi, maka cara penanganan di atas terpaksa Anda gunakan. Sekian artikel tentang cara membersihkan lensa kamera smartphone, semoga bermanfaat.

Cara Membersihkan Lensa Kamera Smartphone | agenthrn | 4.5